Dorong Adik Kelas Terus Berkreasi, Rolaz 88 Gelar Pameran Seni Rupa di Grand City Mall

Usai melakukan beberapa kegiatan saat Ramadhan dan Idul Fitri, Sabtu lalu (14/9/2019) alumni SMPN 12 Surabaya angkatan 88 kembali beraksi. Mereka menggelar pameran seni rupa bersama dengan para siswa SMPN 12 di salah satu mall di tengah kota, Grand City Surabaya.

Sebanyak 20 karya lukisan para siswa bertalenta dari SMPN 12 Surabaya dipamerkan di sana. Pameran yang diberi tajuk “Negriku” tersebut tidak hanya menampilkan lukisan 2D di atas kanvas, tapi juga olahan 3D hasil kreasi tangan – tangan dari pemilik yang penuh imajinasi.

Panitia “Negeriku”, Hesa Yoko, mengatakan pameran seni rupa itu adalah bentuk kepedulian alumni terhadap adik kelas mereka, para siswa-siswi SMPN 12 Surabaya yang yang saat ini masih duduk di bangku sekolah. Kegiatan tersebut juga salah satu upaya kolaborasi alumni dengan pihak sekolah, agar para alumni dapat memberikan nilai lebih untuk almamaternya.

“Selama ini kegiatan hanya untuk alumni saja. Jadi kita (alumni 88, red) mengawali untuk berkobalorasi dengan pihak sekolah. Kita maksudkan agar selalu terjadi hubungan baik. Selalu ada komunikasi antara alumni dengan pihak sekolah dengan memberikan perhatian kepada adik-adik kita,” katanya saat ditemui di tengah keriuhan lalu lalang pengunjung pameran.

Penetapan tema “Negeriku” sebagai tajuk juga bukan tanpa alasan, menurut Yoko. Kehadiran karya-karya para siswa-siswi SMPN 12 ini sebagai momen lanjutan untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang dirayakan bulan Agustus lalu.

Nuansa karya-karya yang dipamerkan memang kental dengan ke-Indonesia an. Tentang kebhinekaan, kekayaan alam, keindahan pantai, hingga ornamen-ornamen khas Indonesia.

Pembukaan kegiatan pameran tersebut berlangsung meriah. Beberapa band yang digawangi oleh siswa-siswi SMPN 12, seperti Band 12holaz dan Band Dindapobia, turut meramaikan suasana East Atrium Grand City hari itu. Beberapa sambutan juga diberikan oleh perwakilan IKARHOLAZ dan Kepala Sekolah SMPN 12 Surabaya.

Con Priambodo, yang hadir mewakili IKARHOLAZ menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan yang dilaksanakan alumni 88 adalah bentuk suatu kesinambungan silaturahmi alumni dengan almamaternya.

Telaksananya kegiatan tersebut menjadi bukti bahwa alumni tidak melupakan almamaternya. Alumni selalu turut serta berperan aktif dalam memajukan serta meningkatkan bakat para siswa yang ada di SMPN 12 Surabaya.

“Alumni dapat membantu dan berdaya guna memajukan almamater serta mewadahi bakat adek kelas dengan cara seperti ini. Salut untuk angkatan 88,” ujarnya.

Ketua 1 IKARHOLAZ periode 2019-2021 tersebut juga berpesan kepada siswa siswi yang ikut menjadi bagian acara agar terus meningkatkan prestasi mereka di bidang seni rupa. “Jangan berhenti berusaha, berlatih, dan terus tampilkan karya yang terbaik,” tuturnya.

Libiah, kepsek SMPN 12 Surabaya, yang didaulat membuka pameran mengaku bangga dengan alumni SMPN 12 Surabaya. Menurut Libiah, para alumni selalu memberikan motivasi dan menginspirasi adik-adik kelasnya, untuk bisa sukses seperti kakak-kakaknya.

“MasyaAllah, sukses terus untuk anak-anak SMPN 12. Semoga ikatan kuat alumni dengan adek kelas ini selalu terjalin sehingga SMPN 12 jaya selalu,’’ katanya dalam sambutannya saat itu. []

Reporter : Novi
Editor : Lusie Wardani
Fotografer : Subantoro

Foto-foto acara