Kunci Sukses : Padukan Rumus Umum dan Khusus Plus Fokus

Dr.Eng. Zainal Arief, ST., MT. adalah salah satu alumni SMP 12 yang sukses berkarir di bidang pendidikan. Pria yang hobi mbolang dan trail adventure tersebut saat ini diberi amanah untuk menjadi Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk periode ke dua.

Menurut Zainal untuk mencapai kesuksesan ada beberapa rumusan yang harus dipadukan. “Ada rumusnya, rumus umum dan khusus, keduanya harus dipadukan dengan baik,” katanya membocorkan tips rahasia sukses yang diyakininya.

Rumus umum yang dipercaya pria kelahiran Surabaya dapat mendukung kelancaran hidupnya adalah berdoa dan yakin pada Allah SWT, berbakti pada orang tua, banyak bersedekah, serta berbuat baik pada sesama. Sedangkan rumus khususnya adalah ikhlas, bahagia, berkontribusi, dan komitmen. “Semua harus dilakukan bersamaan,” jelas putra pasangan Moch. Fadeli dan Hanifah itu.

Selain rumus yang telah dikatakan tersebut, Bapak 3 anak tersebut juga menitikberatkan pada fokus. Menurut Zainal dengan fokus pada apa yang menjadi bidang kita bagian kita segala yang dilakukan bisa maksimal. “ Kalau fokus nanti bisa maksimal, harus seperti itu, supaya bersambung supaya dapat meraih jenjang lebih tinggi dan tidak melebar. Perkara nanti naiknya kemana seberapa itu kan perjalanan hidup,” ujarnya.

Karena itulah sejak duduk di bangku SMP 12, suami Nur Qoniah tersebut sudah fokus menentukan pilihannya di bidang engineering. “Kalau jadi engineer sudah ada keinginan sejak SMP. Untuk jadi dosen, dulu belum ada, ternyata perjalanan akhirnya menempatkan di PENS Surabaya, tetep bidangnya engineering, fokus di pendidikan. Ya sudah kita tekuni, ikhlas ditempatkan di situ, dan maksimal berkontribusi hingga saat ini,” tegasnya.

Oleh anak pertama dari 5 bersaudara itu, rumusan sukses tersebut juga ditularkan ke adik dan anak – anaknya. Pada adiknya yang juga alumnus SMP 12 diminta Zainal untuk fokus pada bidang yang mereka tekuni dan sukai. “Tidak ada yang bisa mengalahkan orang fokus, karena segala yang dilakukannya akan maksimal dan maksimal pula hasilnya,” pungkasnya.

Penulis : Lusi Wardani