Laskar Ramadhan IKARHOLAZ Sukses Salurkan 250 Bingkisan Lebaran Alumni dan Guru

Bulan Ramadhan 2021 ini IKA RHOLAZ mengadakan program bertajuk “Ramadhan Berbagi Penuh Berkah”. Program ini dilaksanakan sebagai pengganti acara buka bersama atau berbagi takjil yang biasa dihelat tahun-tahun sebelum pandemi. Program “Ramadhan Berbagi Penuh Berkah” diadakan dengan melakukan crowdfunding ke alumni seluruh angkatan dan hasilnya diperuntukkan untuk alumni SMPN 12 pula, berupa paket bingkisan Lebaran.

Penyaluran bingkisan Lebaran diawali dengan mendata nama-nama penerima bingkisan berdasar rekomendasi koordinator/perwakilan tiap angkatan. Di waktu bersamaan, panitia melakukan galang dana secara terbuka melalui web dan kanal-kanal resmi IKARHOLAZ dari tanggal 13-30 April 2021.

Hasil penggalangan dana dirupakan dalam bentuk  bingkisan paket sembako senilai Rp. 200.000,-  Sementara pelaksanaan pembagian bingkisan dilaksanakan antara tgl 1-5 Mei 2021 yang oleh panitia dikumpulkan pada koordinator angkatan alumni untuk selanjutnya disalurkan pada nama-nama yang sudah dimasukkan daftar penerima.

Paket sembako oleh panitia dikemas sedemikian rupa terdiri dari : Beras 5 kg, Minyak Goreng 2 Lt, Gula 2 Kg, Biskuit, Mie Telor, Teh Celup, Kecap, Sarden, Susu Kental Manis, Sirup dan Indomie Goreng. Selain paket tersebut, masih ada tambahan amplop berisi uang baru nominal Rp. 75.000,-.

Oleh panitia disepakati bahwa target dana yang dibutuhkan minimal Rp. 60 juta dengan estimasi Rp. 200.000 x 10 paket bantuan x 30 angkatan alumni. Namun tak disangka, sampai hari terakhir terkumpul dana sebesar Rp. 73.093.777,-.  Dari nominal tersebut dibelanjakan sejumlah 250 Paket Sembako @ Rp. 200.000 , )250 Lembar uang baru @ Rp. 75.000 , THR untuk 5 guru @ Rp. 500.000, dan Bingkisan Guru senilai Rp.   600.000,-

Total pembelanjaan sebesar Rp. 71.750.000,- atau bersisa Rp. 1.373.777. Sisa dana ini kemudian disepakati oleh tim Laskar Ramadhan untuk disumbangkan ke masjid SMPN 12 Surabaya setelah digenapkan Rp. 1,4 juta oleh panitia. Sekedar diketahui, Laskar Ramadhan sendiri merupakan sebutan untuk panitia yang bergerak dalam aksi “Ramadhan Berbagi Penuh Berkah” ini.

Dyah dari alumni 1988 selaku Ketua Panitia Laskar Ramadhan menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya program ini dengan baik.

“Masyaa Alloh…matursuwun sanget nggih tuk semuanya… Buat panitia yang telah bersusah payah mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk acara berbagi bingkisan Lebaran ini. Jujur terharu banyak alumni yang senang mendapat bingkisan Lebaran ini. Apalagi mereka dengan tulus mendoakan semua yang terlibat pada kegiatan ini. Mulai Donatur sampai panitia”.

Mbak Dyah menutup kesannya dengan harapan dan doa “Mohon disampaikan ke angkatannya masing-masing, kami dari panitia mengucapkan Jazaakallohu khoiron katsiro atas ssgala support sedekahnya. Semoga ini menjadi syafaat dan saksi kita di Yaumil Akhir”.

Dari perwakilan alumni yang menerima, kesan baik disampaikan oleh Yoko dari alumni angkatan 1983. “Alhamdulillah…saya atas nama alumni Rolas 83 mengucapkan terima kasih kepada IKA RHOLAZ yang sudah meluangkan waktu juga tenaga untuk memberikan sembako kepada teman-teman alumni 83 yang saat ini keadaannya memang membutuhkan, semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan berkah buat kita semua… Aamiin. Jazakumullah khoiron katsiran”.

Guru-guru yang menerima tali asih bingkisan lebaran ini pun juga menyatakan kebahagiannya, oleh karena di usianya yang senja masih ada mantan anak didik yang memperhatikan. Guru-guru yang mendapatkan Paket Bingkisan Lebaran ini yaitu Bpk. Mardjuki, Bpk. Fadhil, Ibu Murtiningsih, Alm. Bpk. Udik dan Almh. Bu Asri. Saat menghaturkan bingkisan lebaran ke Bu Asri pada Minggu (2/5/2021) lalu , panitia terkejut bahwa ternyata Bu Asri baru saja meninggal beberapa hari sebelumnya. Tepatnya 28 April 2021.

Arry Pribawanto selaku Ketua Umum IKARHOLAZ menutup kegiatan “Ramadhan Berbagi Penuh Berkah”ini dengan memberikan apresiasi pada pihak terlibat. “Matur nuwun dulur-dulur IKARHOLAZ yang saya cintai dan saya banggakan, Ramadhan kali ini, ditengah mewabahnya virus covid-19. Kita masih diberi tenaga untuk melakukan kegiatan positif dalam upaya mewujudkan kepedulian bersama”.

Selanjutnya Bogenk, sapaan akrab Arry Pribawanto mengaku terkejut dengan hasil yang diperoleh. Tentu ini membutuhkan tenaga ektra bagi panitia setelah 3 minggu bertugas, dan 5 hari full packing dan distribusi. “Sudah ditutup tapi masih ada yang transfer.  Alhamdulillah. Tetap tersalurkan semua.” Pungkasnya.

Dari catatan redaksi, kegiatan sosial menyambut bulan Ramadhan tidak saja dilakukan PP IKARHOLAZ. Banyak tiap angkatan melakukan misi serupa dengan bentuk kegiatan berbeda. Seperti alumni 89 yang berbagi takjil di TPQ Babussalam Ngijo, Malang. Songji dengan pembangunan TPA di Pacet, dan lainnya.

Beberapa angkatan ada juga yang “berimprovisasi” dalam program RAMADHAN BERBAGI PENUH BERKAH. Seperti yang dilakukan Songotelu dengan menambah sendiri sejumlah paket bingkisan selain yang diterima dari PP IKARHOLAZ. Penambahan dilakukan karena ada beberapa alumni 93 dan guru (era 93, red) tidak tercover Laskar Ramadhan karena keterbatasan kuota angkatan.

Reporter: Okki
Editor: Novi
Foto: Toro, Swediarifin, dan Anonim

Foto-foto