21 Mei 2022
Info MUNAS 2 Siaran Pers

Panitia Munas II Siap Buka Pendaftaran Caketum

Ikarholaz sebagai organisasi yang menyatukan alumni SMPN 12 Surabaya dari berbagai Angkatan, akan mengadakan Munas untuk kedua kalinya. Adapun Munas ini akan diadakan pada 27 Februari 2022. Lokasi pelaksanaan Munas bertempat di Hotel Novotel, Ngagel Surabaya. Munas kali ini memiliki agenda utama untuk memilih ketua umum Ikarholaz periode kedua. Ketua Ikarholaz periode kepengurusan sebelumnya mengemban masa bakti 2018-2021.

Sejatinya posisi ketua umum Ikarholaz periode pertama berakhir pada November 2021. Namun sebagaimana kita ketahui adanya pandemi membuat segala acara dan event harus dijadwalkan ulang. Demikian juga agenda Munas 2 untuk pemilihan Ketua Umum Ikarholaz pun mengalami dampak juga. Adanya kebijakan pemerintah yang melarang adanya keramaian untuk berkumpul membuat Munas ini pun ditunda hingga Februari 2022. Prita Indradewi selaku ketua Steering Committee (SC) mengatakan “pembatasan ini mempengaruhi segala keputusan-keputusan penting yang akan diambil dalam pemilihan Ketua Umum Ikarholaz periode kedua”. Prita menambahkan bahwa awal Desember 2021, pemerintah mulai melonggarkan kebijakan tersebut dengan syarat tetap menjalankan protokol Kesehatan. Hal ini yang membuat Munas 2 Ikarholaz diagendakan untuk dilaksanakan pada bulan kedua tahun 2022.

Adapun mengenai mekanisme pengajuan sebagai calon ketua umum diatur sebagai berikut :

  1. Merupakan lulusan SMPN 12 Surabaya yang disertai dengan fotocopy ijazah atau surat keterangan lulus.
  2. Memiliki Nomor Registrasi Anggota (NRA)
  3. Memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Ikarholaz maksimal H-2 pelaksanaan Munas
  4. Menyerahkan bukti dukungan sebagai Calon Ketua Umum Ikarholaz
  5. Menyampaikan Surat Pernyataan Kesiapan untuk memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus sebagai Calon Ketua Umum Ikarholaz

Sedangkan proses pemilihan ketua umum akan dilakukan melalui dua acara. Yang pertama secara online. Pada proses ini pemungutan suara dilakukan oleh semua alumni yang sudah terverifikasi dan menerima undangan secara online. Yang kedua, secara offline. Pada proses ini dilakukan oleh peserta MUNAS yang hadir sebagai perwakilan angkatannya. Adapun pendaftaran Calon Ketua Umum dibuka mulai 27 Januari hingga 1 Februari. Dilanjutkan masa kampanye pada 5-12 Februari. Lalu pelaksanaan E-Vote dilaksanakan 13 hingga 25 Februari 2022.

Prita selaku ketua SC berpesan pada siapapun yang nantinya maju sebagai kandidat Ketua Umum Ikarholaz periode kedua, “hendaklah mengingat selalu bahwa anda adalah orang yang akan menjadi tauladan atau role model bagi kawan-kawan yang lain”. Alumni lulusan 1992 ini berharap bahwa siapapun yang terpilih nantinya agar menjadi Ketua Umum Ikarholaz yang jujur, amanah dan bertanggung jawab. “Jika terpilih nantinya, supaya ketua umum yang baru bisa membesarkan Ikarholaz dan semakin menebar kebaikan dan membawa manfaat yang baik untuk ke depannya” tutup Prita.