Pidato Perpisahan Ketua Umum dalam Menyambut HUT ke-3 IKARHOLAZ

Assalamualikum Wr Wb

Salam sejahtera untuk kita semua . . . !!!
Yang saya Hormati Dewan Pembina, Penasehat yang selama ini setia mengayomi kami,
Yang saya hormati jajaran pengurus Organisasi IKA RHOLAZ yang sangat luar biasa dedikasinya untuk organisasi
Yang saya hormati para tokoh dan segenap alumni yang tidak bisa saya sebut namanya satu persatu

Segala Puji untuk Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan karuniaNya untuk kita semua, sehingga kita masih bisa berkumpul dan berkhidmat dalam organisasi IKA RHOLAZ ini dengan keadaan sehat wal afiat, sungguh Nikmat kesehatan yang diberikan Allah SWT hari ini adalah sebuah kenikmatan yang benaR-benar harus kita sykuri bersama.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tersampaikan kepada junjungan kita semua, Sayyidina wa Maulana Muhammad SAW, semoga bibarokatil wasilah mengurus dan Anggota IKA RHOLAZ dan kita semua bisa mendapatkan syafaatnya diakhirat kelak. Aamiin

Senior, Pengurus Dan Sedhulur-Sedhulurku IKA RHOLAZ yang saya hormati

Betapa waktu sudah tidak terasa, dari mulai detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan sampai pada tahun, dimana kita sudah melakukan tugas dan tujuan kita secara konstitusional sesuai dengan visi dan misi kita bersama atas dasar Demokrasi dan Undang-undang dasar 45 yang menjadi barometer kita sekalian dalam berorganisasi, di hari ini tepat pada tanggal 11 bulan November tahun 2021 adalah acara HUT yang ke 3. Apa yang terjadi selama ini, semua itu adalah proses, perjalanan dan merupakan kerangka waktu yang kita sudah lalui bersama untuk organisasi ini khususnya dan almamater SMP 12 Surabaya pada umumnya.

Pada momentum ini ijinkan saya memberi apresiasi yang tulus kepada para pengurus dan pengemban tugas yang dengan sabar, loyal, kompak, bersama, bersatu meskipun dalam perjalanan ada sesuatu yang kadang membuat kita goyah, namun semuanya itu kita sadari bahwa itu semua merupakan bagian dari perjuangan. Demikian juga pada para senior, pembina, penasehat kita sekalian yang kita hormati yang dengan sabarnya memberikan arahan, wejangan, petuah pada kita semua untuk tetap dalam situasi yang kompak serta solid dalam menjalankan roda organisasi kita yang tercinta ini.

Segenap alumni sekalian yang dimulyakan Tuhan.

Hidup adalah catatan sejarah, dalam sejarah ada perjuangan dan dalam perjuangan terdapat pengorbanan. Hal itu semua merupakan momentum-momentum yang tidak bisa kita hilangkan, dan tidak bisa kita hindari. Namun kita semua memiliki proggress, rancangan, rencana, dan tujuan atas dasar musyawarah yang kita sepakati sesuai dengan program yang kita buat, guna mensukseskan visi dan misi kita bersama sekalian khususnya bagi kita IKA RHOLAZ.

Di hari yang berbahagia ini marilah kita kroscek, segala kekurangan, ketidak lengkapan, ketidak adaan di hari sebelumnya untuk menyempurnakannya, tentunya dengan bersama-sama memikul tanggung jawab secara merata dan sesuai dengan profesionalitasnya masing-masing, semua itu merupakan catatan baik dan buruk yang kita lalui semasa setahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu kedepan marilah kita singsingkan lengan, kepalkan tangan, dan bangkit untuk lebih giat lagi. Hal ini untuk organisasi kita ini agar menjadi lebih baik, lebih bersahaja dan yang tak kalah pentingnya adalah semua itu adalah nilai partisipasi kita, untuk itu saya selaku ketua menghimbau kepada pengurus agar lebih mantab dan lebih kooperatif di hari kedepan agar organisasi ini semakin maju dan jaya.

Senior, Pengurus Dan Sedhulur-Sedhulurku IKAOLAZ yang saya hormati

Pidato ulang tahun ke 3 ini adalah pidato terakhir saya sebagai ketua umum, karena pada bulan ini saya beserta seluruh pengurus harus demisioner serta menyerahkan estafet kepemimpinan kepada mekanisme organisasi. Pada kesempatan ini Ijinkan saya menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan hal tersebut diatas.

Pertama, Saya secara pribadi meminta maaf yang sebesar-besarnya jika dalam mengemban tugas sebagai ketua umum masih banyak terdapat kekurangan, itu semua tidak kurang dan tidak lebih karena memang kelemahan saya sebagai manusia secara fitroh yang diberikan oleh Allah SWT merupakan makhluk sosial yang penuh dengan kekurangan.

Saya menyadari bahwa selama periode kepemimpinan saya banyak sekali terdapat kekurangan serta ketidak puasan dari semua pihak, Namun yang harus saya tegaskan di sini bahwa semua yang saya lakukan dan saya putuskan dalam memimpin organisasi ini berdasarkan nalar yang jernih serta pertimbangan kolektif pengurus dan terus terang saya tidak mempunyai tendensi apapun.

Semua yang saya lakukan semata-mata demi organisasi ini agar terus eksis dalam perjalanannya. Saya meyakini bahwa ada ketidak puasan serta ketersinggungan berkaitan dengan pengambilan keputusan maupun hal lainnya, Jika demikian saya juga meminta maaf dan sekali lagi harus saya tegaskan bahwa secara personal saya tidak memiliki persoalan apapun dengan semua penggurus dan anggota, kesemuanya itu adalah dinamika organisasional yang pasti akan ada pro dan kontra, dan sampai sejauh ini masih cukup bisa ditolerir.

Kedua, Berkaitan dengan mekanisme suksesi kepemimpinan (MUNAS) sejauh ini penggurus sudah mengambil keputusan-keputusan strategis, salah satunya adalah membentuk struktur kepanitiaan dan mekanisme pelaksanaan munas.

Bisa saya sampaikan bahwa sesuai denga aturan internal organisasi kepengurusan ini sudah harus menyerahkan estafet kepemimpinan dan mempertanggungjawabkan kinerja dalam forum tertinggi organisasi yaitu Munas. Perlu saya sampaikan bahwasanya saya sudah menetapkan Ketua Pelaksana Munas dan saat ini dalam proses menyiapkan segala perangkatnya untuk kesuksesan MUNAS.

Adapun mengenai mekanisme munasnya sendiri untuk saat ini BELUM kita putuskan apakah dilaksanakan secara DARING atau LURING. Lamanya proses menuju MUNAS yang bisa memakan 1 bulan lebih, saya rasa bisa dipikirkan sambil jalan dengan melihat perkembangan kondisi nanti.

Saya meyakini apapun keputusan pasti akan menimbulkan Pro dan Kontra. Namun ada hal lebih penting dari pada mempertahankan ego masing-masing hanya demi eksistensi yaitu mengakomodir kolektifitas anggota organisasi ini.

Penting harus disadari bahwa saat ini kita sedang dalam kondisi sulit, baik dari sisi akses maupun secara ekonomi dan tidak semua dari kita memiliki keberuntungan yang sama baik dari sisi ekonomi maupun kesempatan. Jika kondisi memaksa MUNAS harus dilakukan daring, tetep dimaklumi, disyukuri, dan diambil hikmahnya bahwa pelaksanaan daring memungkinkan dikuti lebih banyak alumni, tak hanya di Surabaya, Jawa Timur ataupun Indonesia, tapi juga dari mancanegara.

Ketiga, Apapun yang terjadi organisasi harus tetap berjalan dan eksis berdiri, IKA RHOLAZ adalah organisasi kolektif dan bukan milik satu ataupun dua orang, siapa pun dia dan apapun jabatannya. Organisasi ini lahir berdasarkan konsesus atau kesepakatan. Oleh karena itu saya menekankan agar kita semua tetap menjaga marwah organisasi ini agar terus eksis.

Bahwa dalam pelaksanaan dan tata laksana penyelenggaraan organisasi terdapat kesalahan mekanisme saya yakin kesemuanya itu masih bisa dikomunikasikan dengan baik, tokh semua juga demi kebaikan bersama. Kita bisa berbicara apapun berkaitan dengan organisasi ini, namun menurut saya kritik dan saran harus konstruktif karena subyektifitas hanya akan menimbulkan banyak madharat dari pada manfaat.

Kiranya demikian yang bisa saya sampaikan dalam pidato HUT ke 3 ini, terakhir saya sebagai ketua umum sekali lagi mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan pengorbanan bapak ibu dan sedhulurku semuanya keluarga IKA RHOLAZ, semoga ALLAH Tuhan YME mencatatkan ini semua sebagai ibadah kita. Terakhir,  kita semua berharap agar organisasi ini semakin membesar dan memberi banyak manfaat kepada anggota khususnya dan kepada masyarakat pada umumnya.

Mohon maaf atas segala kekurangan, Bilahi taufuq Walhidayah

Wassalamualaikum Wr. Wb