Rekatkan Silaturahmi Antar Angkatan, Alumni Jabodetabek Adakan “Cangkrukan”

Menjadi perantau di Ibukota, para alumni SMP Negeri 12 Surabaya merasa perlu saling mengenal satu sama lain untuk merekatkan persaudaraan. Karena itulah, Sabtu (27/7/2019) lalu, para alumni yang berdomisili di wilayah Jabodetabek menyempatkan diri berkumpul bersama di acara “cangkrukan” yang digelar di apartemen Grand Taman Melati Margonda, Depok.

Suasana lobby apartemen tersebut tampak semarak. Tawa riuh dan senda gurau mewarnai suasana yang tampak guyub akrab di ruangan itu. Puluhan alumni berkumpul siang hingga sore hari weekend ceria tersebut. Mereka berbincang mengenang masa lalu dan sesekali menyelipkan candaan.

Acara kumpul bersama lintas alumni di wilayah ibukota yang baru pertama kali dilakukan setelah puluhan tahun tersebut diprakarsai oleh Cak Pulung, alumni SMP Negeri 12 alumni ’84. Pria yang sekaligus menjadi ketua panitia ini, mengatakan sengaja mengadakan kegitan ini untuk menjalin persaudaraan antar angkatan.

“Mungkin sebenarnya banyak alumni SMP 12 yang tinggal di Jabodetabek, cuma kan gak ada wadahnya untuk ketemuan, jadi yang tidak banyak yang kenal dan saling tahu. La dengan begini kan akhirnya jadi kenal dan nambah saudara. Juga ngobati kangen kampong halaman,” begitu ungkapnya ketika ditanya alasan mengadakan kegiatan ini.

Salah satu sarana mengobati kampung halaman yang dinyatakan Pulung, dilakukan dengan menghadirkan makanan khas Jawa Timuran, sebagai konsumsinya, seperti rujak cingur, lontong balap, tahu campur, dan lainnya.

“Terimakasih sekali buat para panitia yang mau repot repot menyiapkan acara ini. Hidangannya mantab bisa nostalgia dengan Surabaya. Suasananya juga menyenangkan, bisa berkumpul lintas angkatan, Maturnuwun silaturahminya, Cak, Ning, Dik, …Terutama Cak Pulung yang memfasilitasi silaturahmi ini. Dik Arry Bogenk, ning Galih, ning Tini, dkk. Jazakallah khair” Ujar salah satu alumni yang hadir dalam kegiatan tersebut

Senada dengannya, Yuhanda, alumni ‘82 juga turut mengucapkan terima kasih atas diadakannya kegiatan kumpul antar angkatan tersebut. “Matur sembah nuwun nggih, kumpul-kumpul nipun. Salam Rholaz.” katanya.

Banyak pesan-pesan lain yang dituliskan oleh para alumni yang hadir pada acara itu di grup sosial media yang merasa bahagia dan berharap acara ini berlangsung rutin.

Arry Pribawanto, ketua umum IKARHOLAZ, yang turut hadir untuk menyampaikan beberapa program IKARHOLAZ merespon positif keinginan para alumni tersebut. Menurut ayah lima anak tersebut acara ini nantinya akan diusahakan berlangsung tiap tiga bulan sekali.

Lebih lanjut, Arry mengatakan acara ini menjadi bibit IKARHOLAZ chapter Jabodetabek, dan menjadi chapter pertama setelah pembentukan pengurus pusat amanah MUNAS tahun lalu. “Mungkin untuk pertemuan berikutnya akan bahas kepengurusan IKARHOLAZ chapter ini (Jabodetabek, red). Jadi untuk acara selanjutnya bisa lebih mudah untuk kontak – kontak sesama alumni.” ujar Arry. [Novi]

Editor : Lusie Wardani

Dokumentasi foto (kiriman WA Arry)