25 September 2022
Berita

Sambut Bulan Suci, IKARHOLAZ Gelar Program Cahaya Ramadhan

Surabaya—Setelah hampir dua tahun dilanda pandemi, bulan suci tahun ini terasa begitu istimewa karena pembatasan berskala sudah mulai dilonggarkan. Bersamaan dengan datangnya bulan penuh keberkahan bagi umat Muslim ini, Ramadhan 1443 H kali ini IKARHOLAZ mengadakan serangkaian kegiatan dengan tajuk Cahaya Ramadhan: Bersama Menebar Manfaat. Sesuai dengan visi misinya yaitu menjadikan IKARHOLAZ sebagai organisasi alumni sekolah yang menebarkan manfaat dalam semangat kebersamaan, sasaran peserta dari kegiatan ini adalah alumni SMP Negeri 12 Surabaya dan masyarakat umum.

Ada tiga jenis kegiatan yang diagendakan dari tanggal 15-28 April 2022 di rangkaian event Cahaya Ramadhan IKARHOLAZ ini. Pertama yaitu Bakti Sosial yang diisi aktivitas berupa kunjungan dan santunan ke Panti Disabilitas Liponsos, pemberian tali asih untuk anak yatim/piatu anggota IKARHOLAZ dan guru/pensiunan guru SMP Negeri 12 Surabaya. Masih di dalam koridor Bakti Sosial terdapat pula ada kegiatan Grebek Masjid.

Kegiatan kedua ada Vlog Competition yang bisa diikuti oleh siswa kelas IX SMP Negeri 12 Surabaya, alumni/putra putri alumni Rholaz. Dan kegiatan ketiga berupa kegiatan kolaboraksi dengan komunitas per angkatan IKARHOLAZ. 

Zainal Arief, ketua umum IKARHOLAZ menyampaikan bahwa kegiatan silaturahim dan baksos di Liponsos ini sebagai bentuk kepedulian terhadap anak2 disabilitas yang juga berpotensi untuk berprestasi sekaligus sebagai apresiasi terhadap Pemkot Surabaya atas kepeduliannya.

Lebih lanjut, Zar (panggilan akrab Zainal Arief) mengajak seluruh alumni untuk bisa ikut berbagi dan berkontribusi memberikan manfaat lewat wadah IKARHOLAZ.

Tak Hanya Peduli Sesama Tapi Juga Peduli Dengan Tempat Ibadah

Di momen bulan penuh keberkahan ini, IKARHOLAZ tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan saja. IKARHOLAZ juga menunjukkan kepedulian pada tempat ibadah. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan Grebek Masjid di mana aktivitas yang dilakukan pada kegiatan ini adalah bentuk perhatian pada kenyamanan masjid sebagai tempat ibadah. Selain itu juga ada pembagian masker, hand sanitizer dan pemasangan signed prokes, penyemprotan disinfektan dalam rangka membantu Pemerintah menekan laju pandemi. 

Ada sejumlah uang tunai, 20 buah Al Qur’an, 15 botol Hand Sanitizer, 300 pcs masker dan 3 xBanner prokes yang dibagikan di tiga masjid umum yaitu Masjid/Musolla Ar-Rahman Dinoyo Alun-alun,  Masjid Baitul Akhiroh di wilayah Nginden gang II dan Musolla Darussalam yang terletak dikawasan Jambangan.

Tentunya masjid di lingkungan SMP Negeri 12 Surabaya juga tak ketinggalan mendapatkan perhatian. Masjid almamater ini menjadi titik awal bergeraknya tim Grebeg Masjid di hari itu, Sabtu (23/04/22). Selain 10 buah Al Qur’an, 5 botol Hand Sanitizer, 100 pcs masker dan 1 xBanner prokes juga diberikan 10 buah mukena, 1 buah jam digital, 1 buah lemari dan 5 buah meja mengaji di masjid yang terletak di Kawasan Ngagel Kebonsari ini.

“Semoga kegiatan Cahaya Ramadhan Ikarholaz berupa baksos dan grebek masjid membawa manfaat bagi orang lain, baik itu untuk alumni, dan masyarakat umum serta penuh limpahan berkah untuk keluarga besar Ikarholaz. Yang terpenting ikatan kebersamaan, kemanfa’atan, dan kekeluargaan tetap terjalin dalam wadah resmi Ikarholaz.” ujar Sigit Prabowo’ 96, ketua panitia kegiatan Cahaya Ramadhan Ikarholaz.

Kolaborasi: Kunci Keberhasilan Dalam Kebersamaan Menebar Manfaat

Rangkaian kegiatan Cahaya Ramadhan IKARHOLAZ tidak akan terselenggara tanpa keterlibatan semua pihak terutama alumni SMP Negeri 12 Surabaya. Beberapa alumni yang tergabung dalam komunitas angkatan mengkolaborasikan kegiatan amalnya bersama IKARHOLAZ. Seperti yang dilakukan komunitas alumni angkatan ’83 dan angkatan ’90. Angkatan ’83 menggelar bakti sosialnya, Minggu (17/04/22) menyasar karyawan almamater SMP Negeri 12 Surabaya yaitu petugas keamanan, petugas kebersihan dan takmir masjid.  Sebanyak 70 paket bingkisan sembako dan uang tunai yang dibagikan hari itu. Prastyo, ketua angkatan ’83, mengatakan bahwa baksos ini selain di tujukan untuk karyawan sekolah juga ditujukan untuk internal di komunitas angkatan ’83. “Tujuannya ya untuk berbagi kepedulian dan manfaat di bulan Ramadhan.”pungkasnya.

Jika komunitas angkatan ’83 melakukan bakti sosial dengan berbagi bingkisan Lebaran, lain dengan komunitas ’90 yang memilih menjamu bebuka puasa 1.000 anak yatim.  “Tahun ini dengan mengusung tema diangka 1.000, alhamdulillah melampaui target di angka 1.077.” sebut Ardhianti Indirasari, ketua angkatan ’90. Menariknya, Ardhianti menjelaskan bahwa program berbuka puasa bersama anak yatim ini sudah berjalan 11 tahun. Wow, luar biasa ya. Sekitar 21 Panti Asuhan yang ada di Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, dan Jombang yang dijangkau dalam program ini sepanjang Ramadhan 1443 H ini. Selama pandemi berlangsung, teknis berbuka puasa bersama anak yatim ini tentunya dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan baksos Cahaya Ramadhan tahun ini alhamdulillah bisa menyasar kurang lebih 150 orang alumni dari berbagai angkatan dan 10 orang guru SMP Negeri 12 Surabaya yang sudah memasuki masa purna tugas. Selain bingkisan lebaran juga ada sejumlah uang tunai yang didistribusikan pada Selasa-Jumat (26-29/04/22).  

Bagi siswa-siswa dan alumni maupun putra putri alumni SMP Negeri 12 Surabaya yang berkeinginan mendukung dan atau terlibat dalam rangkaian kegiatan Cahaya Ramadhan IKARHOLAZ ini masih ada kesempatan lho. Lomba Vlog Satu Menit: bertema “Ngabuburitku”. Vlog ini durasi maksimalnya adalah 2 menit. Cukup diunggah ke media sosial Youtube atau Instagram dan disetting publik. Paling lambat diunggah tanggal 28 April 2022. Info lebih lanjut hubungi narahubung Tria (081216650741).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.