14 April 2024
Rolaser 90 Sukses Gelar Pemilihan Ketua Umum dalam Reuni 33 Tahun
Berita Kegiatan

Rolaser 90 Sukses Gelar Pemilihan Ketua Umum dalam Reuni 33 Tahun

Jakarta – Suasana semarak terpancar di Gunawangsa Merr pada tanggal 19 Agustus 2023, ketika Alumi 90 (Rolaser 90) mengadakan acara Reuni 33 tahun yang penuh kenangan. Namun, reuni tahunan kali ini membawa makna yang lebih mendalam dengan diselenggarakannya Pemilihan Ketua Umum secara langsung, yang menggambarkan momen penting dalam perjalanan organisasi ini.

Lokasi megah di Gunawangsa Merr menjadi saksi bisu dari pertemuan bersejarah para alumni. Dari pukul 10.00 hingga 14.00, suasana haru dan keakraban semakin terasa dengan terpilihnya Pemilihan Ketua Umum yang akan memimpin Rolaser 90 ke periode berikutnya.

Keputusan untuk melangsungkan Pemilihan Ketua Umum tidak hanya dipicu oleh kepergian Ketua Umum sebelumnya, Ardhianti Indirasari, tetapi juga oleh penundaan suksesi yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Meskipun periode sebelumnya seharusnya telah berakhir pada tahun 2021, baru pada tahun 2023 pemilihan ini bisa dilaksanakan.

Proses pemilihan ini dilakukan melalui tiga tahapan yang cermat. Pertama, tahap penjaringan nama calon diadakan secara daring, memanfaatkan teknologi untuk melibatkan sebanyak mungkin anggota. Dari sini, tiga nama calon dengan dukungan tertinggi muncul dan berlanjut ke tahap berikutnya. Tahap kedua, tiga calon tersebut ditempatkan dalam pemilihan daring sekali lagi, untuk merumuskan pilihan final. Sementara tahap penentuan terakhir dijalankan secara fisik pada acara Reuni, di mana setiap anggota yang hadir memberikan suaranya langsung untuk tiga calon terpilih.

Taufik, salah satu panitia pemilihan, menjelaskan bahwa pendekatan ini dirancang untuk memastikan kejujuran dalam pemilihan dan menghindari intervensi yang dapat merusak integritas proses demokratis.

“Kami ingin memastikan bahwa pemilihan Ketua Umum dilakukan dengan integritas penuh dan transparansi yang tinggi. Itu sebabnya, dalam tahap akhir, para calon tidak diumumkan sebelumnya untuk mencegah pengaruh dari luar yang tidak sehat,” ujar Taufik.

Hasil pemilihan akhir menunjukkan partisipasi yang kuat, dengan 126 surat suara sah dari total 128 peserta reuni yang terdaftar. Dalam hasil tersebut, Kandidat Firman berhasil memperoleh dukungan mayoritas, mengumpulkan 88 suara. Teman-temannya mengakui bahwa rekam jejaknya dalam berbagai kegiatan Rolaser 90 memberikan dasar kuat bagi keberhasilannya.

Havid Budiyanto, yang menjabat sebagai Ketua Umum Rolaser 90 pada periode 2010-2015, sebelumnya telah memprediksi dominasi dukungan untuk Firman. “Firman adalah sosok yang dikenal luas oleh sebagian besar anggota angkatan 90, dan kiprahnya dalam kegiatan-kegiatan organisasi telah membentuk pandangan positif tentang dirinya,” tuturnya.

Anggara, Ketua Umum pada periode 2016-2021, dengan tegas menggarisbawahi arti penting kemenangan Firman sebagai Ketua Umum periode 2023-2028.

“Kemenangan Firman bukan hanya mengakhiri periode kepemimpinan sebelumnya, tetapi juga memulai babak baru dalam sejarah Rolaser 90. Kami berharap kepengurusan baru ini dapat membangun sinergi dan kolaborasi demi kemajuan bersama organisasi,” ungkap Anggara.

Dengan Pemilihan Ketua Umum yang sukses sebagai bagian integral dari acara Reuni 33 tahun, Rolaser 90 memasuki fase baru dengan optimisme yang lebih besar, semangat untuk mewujudkan visi dan misi yang telah mengilhami mereka selama ini. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.